Bidang Usaha Jasa yang Ingin Saya Buat

Selasa, 22 Maret 2011


SITI PATIMAH – 1445091743
MANAJEMEN PENDIDIKAN REGULER 2009
MANAJEMEN PEMASARAN

Bidang Usaha                          : Jasa Pendidikan
Nama Perusahaan (Sekolah)    : PAUD TUNAS BANGSA
Alasan/Reasoning              : Alasan saya memberi nama sekolah ini PAUD TUNAS BANGSA karena diharapkan dengan adanya PAUD ini, anak-anak didik pra sekolah akan dapat menjadi tunas atau bibit yang berkualitas untuk membangun bangsa ini kearah perkembangan yang jauh lebih baik dari saat ini. PAUD ini pula diharapkan dapat membuat anak-anak didik dapat beradaptasi dengan lingkungan sekolah sebenarnya yang akan mereka jalani pada jenjang SD (Sekolah Dasar) sampai dengan Perguruan Tinggi nantinya.
PAUD ini berdiri karena adanya dorongan untuk membantu anak-anak yang kurang mampu didaerah sekitar rumah saya yang mempunyai hak yang sama dalam hal memperoleh pendidikan. Karena hal tersebut, saya mendirikan PAUD ini dengan tujuan membuat mereka merasakan apa itu sekolah. Walaupun mungkin belum seperti keadaan sekolah yang sebenarnya, setidaknya mereka dapat merasakan belajar diruang kelas bersama teman-teman dan para guru. Serta diharapkan mereka bisa CALISTUNG (Baca, Tulis, dan Hitung) dan tidak terkena 3B (Buta Huruf, Buta Angka, dan Buta Warna). Karena pengenalan mereka dengan huruf dan angka menurut saya sangat penting untuk kehidupan mereka sekarang sampai nanti. Saya tidak ingin kegiatan anak-anak ini hanya bermain dirumah tanpa adanya unsur pendidikan dasar untuk bekal kehidupannya nanti.

System pendidikan dalam PAUD ini sama seperti pendidikan pra sekolah lainnya. PAUD ini tidak hanya menekankan pada pelajaran baca tulis hitung tetapi juga mengajarkan tentang akhlak yang baik sebagai seorang manusia. Dalam pelajaran baca tulis hitung, kita hanya menekankan pada pengenalannya saja, tidak terlalu memaksa si anak untuk bisa melakukan dengan maksimal. Dengan alasan, anak akan bisa melakukannya dengan baik jika tidak dengan paksaan tetapi dengan latihan terus menerus. Latihan pengenalan huruf dan angka ini kita lakukan setiap hari dalam kelas. Entah dengan pengucapan, pengenalan dengan media gambar atau warna, ataupun dengan latihan menulis.

Untuk pelajaran akhlak, kita memulai dengan mengajari mereka bagaimana memberi salam, menghormati orang tua, dan menghargai orang lain. Setiap memulai pelajaran, selalu diawali dengan doa dan salam. Dalam kelas juga diajari bagaimana si anak berani untuk berbicara di depan orang banyak, dengan cara meminta setiap murid maju untuk membaca doa ataupun untuk sekedar bernyanyi atau memperkenalkan diri kepada teman-teman sekelasnya. Usaha ini dilakukan agar si anak mempunyai rasa percaya diri yang cukup untuk bergaul dengan teman-temannya yang lain di luar sana. Karena kebanyakan anak-anak yang kurang mampu dalam ekonomi, mempunyai rasa percaya diri yang kurang.

Untuk mengurangi rasa jenuh karena belajar dikelas, PAUD ini mengadakan study wisata setiap bulannya. Study wisata ini selain membuat mereka tidak jenuh, juga untuk menambah pengetahuan dengan apa yang ada diluar lingkungan kelas, karena banyak hal menyenangkan diluar sana yang bisa mereka pelajari. Dan untuk membahagiakan anak-anak yang kurang mampu.

Walaupun PAUD ini dikhususkan untuk warga yang kurang mampu, tetapi warga yang mampu pun diperbolehkan untuk bergabung. Karena PAUD ini mempunyai sarana dan prasarana yang cukup menunjang dalam pendidikan pra sekolah.

Inti dari pendirian PAUD ini adalah saya tidak ingin melihat anak-anak didaerah rumah saya menjadi anak-anak yang buta angka, buta huruf, dan buta warna. Karena pengenalan yang memang begitu mendasar dan sederhana ini sangat berguna untuk kehidupan mereka.

0 komentar: