1. konsep dasar manajemen pemasaran


JAKARTA, 23 Februari 2011. Pertemuan pertama dalam kuliah manajemen pemasaran, dosenya adalah Amril Muhammad, SE., M.Pd. Dalam pertemuan ini, membahas konsep dasar manajemen pemasaran.
“Cara memasarkan jasa dan barang itu berbeda”, kata pak Amril.
Pemasaran jasa memiliki beberapa ciri, antara lain:
1.       Sudah terjadi transaksi
2.       Perlu didukung oleh tampilan fisik (bertujuan agar orang tertarik)
3.       Cepat hilang (karena tidak berbentuk seperti produk pada umunya).
Sedangkan produk berarti segala sesuatu yang dapat ditawarkan, diperhatikan, dan digunakan yang dapat memuaskan kebutuhan. Produk ini mencakup aspek fisik, layanan, dan tempat.
Pemasaran/marketing
Pemasaran itu sendiri adalah proses manajerial untuk memperoleh kebutuhan dan keinginan melalui pembuatan dan pertukaran produk dengan orang lain.
Di dalam pemasaran terdapat tiga hal untuk dapat melakukan transaksi, yaitu konsumen (pihak yang menggunakan barang), produsen (pihak yang membuat/memproduksi barang), dan produk (sesuatu yang dapat digunakan). Jika salah satu dari tiga hal ini tidak ada, maka tidak akan terjadi transaksi dalam pemasaran tersebut.
Transaksi adalah penjualan antara dua pihak yang melibatkan minimal dua hal, yaitu value dan kesepakatan kondisi.
Dalam pemasaran ini juga, konsumen pasti mempunyai penilaian masing-masing, penilaian ini disebut value. Value adalah penilaian yang dilakukan oleh konsumen terhadap produk dalam memenuhi kebutuhan dan keinginannya.
Manajemen Pemasaran
Manajemen pemasaran adalah analisis, planning, pelaksanaan, dan control dari program yang dirancang untuk membangun pertukaran yang menguntungkan dengan tujuan mencapai sasaran organisasi. Jadi dalam manajemen pemasaran ini, perlu ditentukan dahulu apa sasaran organisasi yang akan dicapai dan di anggap akan membawa keuntungan untuk semua pihak yang terlibat.
Terdapat empat filosofi marketing.
1.       Production concept
Dalam konsep ini, pihak yang memasarkan harus memikirkan produk yang akan dipasarkan tersebut akan mudah didapatkan oleh konsumen.
2.       Product concept
Dalam konsep ini, pihak yang memasarakan harus dapat membuat produk yang berkualitas. Karena konsumen akan senang jika produk yang mereka gunakan adalah produk berkualitas.
3.       Selling concept
Kebanyakan dari kita pasti akan percaya oleh produk-produk yang dijual oleh perusahaan besar/ternama. Dalam konsep ini, konsumen akan datang jika yang menjual produk adalah perusahaan besar. Pertimbangan ini mungkin saja karena perusahaan besar adalah penghasil produk yang dapat dipercaya kualitasnya.
4.       Marketing concept
Dalam konsep ini, pihak yang memasarkan harus bertujuan untuk kepuasaa pelanggan.

Dalam hal pemasaran, ada yang dinamai pemasaran social. Pemasaran ini bertujuan kepada pemanfaatan untuk masyarakat.