2. konsep dasar jasa

Senin, 07 Maret 2011


UNJ – 2 Maret 2011. Pertemuan kedua mata kuliah manajemen pemasaran dengan dosen tetap, Amril Muhammad, SE., M.Pd. Dalam pertemuan ini, beliau menjelaskan tentang KARAKTERISTIK JASA.
Penjelasan beliau antara lain:
Produk terbagi menjadi dua, yaitu BARANG dan JASA. Perbedaan keduanya cukup jelas, yaitu terletak pada penampilan masing-masing produk. Namun pada pertemuan ini, akan lebih menjelaskan tentang produk yang berbentuk JASA.
JASA
Beliau menjelaskan bahwa jasa adalah suau tindakan yang ditawarkan kepada konsumen yang terjadi ditempat terjadinya interaksi. Yang melibatkan hubungan dengan orang/manusia ataupun dengan mesin, yang mengarah kepada kepuasan pelanggan.
Dalam pengertian ini, dapat dicontohkan dengan BANK. BANK merupakan menyedia jasa dalam penyimpanan dan pengambilan uang, hubungan dengan manusia dapat dicontohkan dengan interaksi pelanggan dengan TELLER. Dan hubungan dengan mesin, dapat dicontohkan dengan interaksi pelanggan dengan MESIN ATM.
KARAKTERISTIK JASA
Jasa merupakan produk yang tidak dapat disimpan seperti layaknya produk barang. Dalam perusahaan jasa, produsen harus mementingkan costumer satisfaction atau kepuasan pelanggan.
Perusahaan jasa harus mampu menambahkan features yang menarik untuk mendatangkan persepsi baik dari pelanggan. Dan ternyata lembaga perusahaan juga mempengaruhi penilaian atau persepsi dari pelanggan. Jadi, alangkah lebih baiknya jika perusahaan jasa mampu membangun citra baik dimata pelanggan agar bisnisnya berkembang pesat.
Dalam hal pemasaran produk jasa, produsen harus selalu mengembangkan social skills karyawannya. Kegiatan ini bertujuan agar para karyawan dapat terus melakukan pemasarannya dengan baik serta dapat menarik “mata” pelanggan agar melihat produk jasa yang dipasarkan.
Perusahaan jasa juga biasanya intens dalam memasarkan produk jasanya. Tidak jarang perusahaan jasa menggunakan goodwill si pemilik ataupun menggunakan brand orang lain yang cocok untuk produk yang ditawarkan.
Menurut beliau, pendidikan merupakan jasa karena adanya interaksi dengan manusia ataupun mesin. Dapat dicontohkan dengan interaksi murid dengan guru ataupun interaksi murid dengan sumber belajar seperti internet (komputer). Namun pendidikan tidak sama dengan perusahaan jasa lainnya, karena pendidikan tidak hanya mementingkan satisfaction tetapi juga memperhatikan value atau penilaian dari pengguna jasa tersebut. Dalam hal ini dapat dicontohkan dengan kedisiplinan suatu sekolah.
KUNCI SUKSES PERUSAHAAN JASA
Dalam pertemuan ini juga beliau menjelaskan beberapa kunci atau cara agar perusahaan jasa dapat berkembang dengan baik. Diataranya adalah:
1.      Perusahaan jasa harus selalu memperbarui layanan jasanya.
Contoh: Bank yang dahulunya hanya menjadi tempat untuk menyimpan dan mangambil uang, sekarang juga dapat digunakan untuk tempat peminjaman uang.
Dalam lingkup pendidikan, terdapat pengembangan kurikulum.

Dari kunci sukses yang pertama ini, perusahaan jasa harus melakukan langkah seperti survey dan meranking, langkah ini digunakan untuk mengetahui layanan apa yang harus dipertahankan dan dikembangkan untuk kepuasan pelanggan.

2.      Perusahaan jasa harus menyediakan tempat layanan.
tempat layanan ini dapat menggunakan computer untuk mengolah sesuatu yang diperlukan pelanggan.

3.      Perusahaan jasa harus mengadakan kesepakatan layanan.
Kesepakatan layanan ini dapat berupa membership. Hal dimaksudkan agar pelanggan mudah dalam menggunakan jasa yang ditawarkan.

4.      Perusahaan jasa harus menggunakan kekuatan informasi.
Informasi ini dapat melalui getok tular atau dari mulut ke mulut, web, atau dengan melakukan pertemuan.

5.      Perusahaan jasa harus menentukan nilai strategis jasa pada konsumen.
Nilai strategis ini dapat berupa diskon atau potongan-potongan harga dan berbagai macam kemudahan.
Dalam kunci sukses yang terakhir ini, perusahaan harus selalu memperhatikan demand atau permintaan dari pelanggan.

Jadi, semua ini harus dilakukan perusahaan jasa agar produk yan mereka tawarkan dapat memberikan kemudahan dan kenyamanan yang nantinya akan menciptakan penilaian baik dari pelanggan.

SITI PATIMAH - 1445091743
MP REGULER 2009


0 komentar: