9. Kualitas


UNJ – 25 Mei 2011. Pertemuan kesembilan mata kuliah manajemen pemasaran dengan dosen, Amril Muhammad, SE., M.Pd. Dalam pertemuan ini, beliau menjelaskan mengenai KUALITAS.

ASPEK KUALITAS
Dalam hal ini beliau menjelaskan ada tiga aspek dalam kualitas, yaitu (1) produk satu-satunya, artinya produk yang dibuat tidak ada pesaingnya dan bersifat kualitas absolute. “tiada banding tiada banding”. (2) relative, artinya standar dari kualitas ini berubah-ubah. Contoh dalam bidang pendidikan adalah nilai UAN. (3) kepuasan pelanggan, kualitas dalam hal ini mempengaruhi daya beli pelanggan.

PRINSIP DAGANG
Orang Indonesia mempunyai prinsip dagang yaitu “NOW OR NEVER”, prinsip ini mempengahui penjual untuk menentukan harga dan segmen pasar yang tepat untuk produknya.

BIDANG PENDIDIKAN
Seperti yang pernah dijelaskan beliau dalam pertemuan sebelumnya, beliau mengatakan bahwa dalam dunia pendidikan kualitas ini tidak ditentukan oleh kepuasan pelanggan, tetapi ditentukan dari value yang diciptakan oleh pendidikan itu sendiri. Contohnya dengan kedisiplinan yang terlihat dari suatu sekolah.

ANALISIS
Dalam penentuan kulitas, penjual harus mengetahui factor-faktor apa saja yang dapat mempengaruhi kualitas. Analisis yang digunakan adalah FISH BONE ANALISIS, di analisis ini terdapat tulang-tulang ikan yang banyak yang dijadikan sebagai factor apa saja dalam kualitas. Untuk mengetahui brand image produknya, penjual dapat meminta testimony dari orang-orang terdekat.
Untuk hubungan penjual dengan pembeli, penjual harus mempunyai konsultan yang bertugas untuk mengetahui kebutuhan pembeli. Seorang konsultan harus mempunyai marketing intelligence atau kecerdasan dalam pemasaran.

SITI PATIMAH – 1445091743
MANAJEMEN PENDIDIKAN REGULER 2009