Analisis Segmentasi Usaha Jasa Milikku

Sabtu, 09 April 2011

SITI PATIMAH – 1445091743
MANAJEMEN PENDIDIKAN REGULER 2009
MANAJEMEN PEMASARAN
Bidang Usaha                                  : Jasa Pendidikan
Nama Perusahaan (Sekolah)           : PAUD TUNAS BANGSA
Analisis Segmentasi Pasar      : Sebelum berniat untuk mendirikan PAUD ini, saya terlebih dahulu mengidentivikasi target/calon pengguna. Setelah mengidentivikasi, saya menyusun data-data keluarga yang mempunyai anak. Dari identivikasi dan penyusunan data inilah saya dapat memperjelas dimana dan untuk siapa PAUD ini didirikan.

Untuk segmentasi geografis, saya akan mendirikan PAUD ini di Tanah Sereal. Kenapa? Karena di daerah ini terdapat cukup banyak keluarga yang kurang mampu yang mempunyai anak usia pra sekolah. Selain keluarga kurang mampu, di daerah ini juga cukup terdapat keluarga yang dikira mampu dalam segi ekonomi serta mempunyai anak usia pra sekolah. Untuk letak bangunan PAUD ini, saya akan memilih lokasi yang paling mudah dilalui menggunakan kendaraan ataupun berjalan kaki.

Seperti yang dijelaskan dalam segmentasi geografis, dalam segmentasi demografis PAUD ini ditujukan untuk keluarga yang kurang mampu maupun yang mampu serta mempunyai anak usia pra sekolah (3-6 tahun). Untuk saat ini, PAUD yang akan saya dirikan hanya dikhususkan untuk yang beragama islam. Pengkhususan ini dipertimbangkan agar tidak adanya kekeliruan dalam pengenalan nama Tuhan, pembiasaan bacaan doa, salam, dan lainnya. Tetapi untuk anak yang beragama selain islam, tetap bisa mengikuti pembelajaran di PAUD ini namun mengikuti pengenalan yang sudah disebutkan sebelumnya. Untuk hal ini, saya dan para guru nantinya akan memberitahu kepada orang tua si anak untuk lebih membiasakan pengenalan agamanya sendiri di rumah.

Untuk segmentasi psikologis, PAUD ini memang di utamakan untuk masyarakat menengah kebawah dalam segi ekonomi. Tetapi tidak ditutup untuk masyarakat yang mempunyai status social yang lebih tinggi, masyarakat ini yang nantinya diharapkan dapat membantu pembiayaan untuk sarana dan prasana PAUD. Keberagaman ini juga dibutuhkan untuk si anak agar dapat beradaptasi dengan lingkungannya walupun berbeda status social.

0 komentar: